Pasca Libur Lebaran, Pemkot Bandung Gelar Rapid Test

BANDUNG, Kliknusae.com – Untuk mencegah kenaikan angka penularan virus Covid19, Pemkot Bandung menggelar rapid test secara acak di beberapa tempat wisata.

Salah satunya di Kebun Binatang Bandung pada hari Minggu 16 Mei 2021. Pelaksanaan tes antigen tersebut dipantau langsung oleh wakil walikota Bandung, Yana Mulyana.

Ia mengatakan berdasarkan data yang ia terima dari Satgas penanganan Covid, libur lebaran 2021 diiringi dengan lonjakan angka penularan virus.

“Makanya di libur lebaran beberapa cuti bersama dihapuskan,” kata Yana, dilansir Kliknusae dari Kompas, Senin 17 Mei 2021.

Proses rapid ini  juga dihadiri oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung serta Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung.

Yana mengatakan bahwa sebenarnya pihak pengelola juga telah mengingatkan pengunjung untuk penerapan prokes.

“Kalau di wahana ini alhamdulillah, karena manajemen juga selalu woro-woro jangan berkerumun dan pakai masker,” kata Yana.

Ia melanjutkan bahwa pihaknya bakal terus memperketat penjagaan di setiap tempat wisata, pusat perbelanjaan dan pintu masuk ke Kota Bandung.

“Tentunya semua kewilayahan di obyek-obyek wisata kita betul-betul kendalikan termasuk jumlah pengunjungnya, proksesnya ya” lanjut Yana.

Kepala Dinkes Kota Bandung, Ahyani Raksanagara mengatakan bahwa pihaknya memasang target 1.000 orang untuk dilakukan rapid test..

“Di sini (Bonbin) targetnya 400 orang. Totalnya sekarang 450 yang sudah di-rapid di tempat wisata. Karena landai ya, di mal juga paling dapet 30 orang,” kata Ahyani.

Dari jumlah 450 orang yang dites, terdapat 2 orang terbukti positif di gerbang tol masuk ke Bandung.

“Sejauh ini sampai tadi pagi dari gate tol ada yang positif. Jadi bukan di sini (Bonbin). Kalau di sini sudah pasti lapor dan diisolasi,” kata Ahyani. (*/JAV)

 

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya