Pacitan Segera Luncurkan Aplikasi Online untuk Destinasi Wisata

Kliknusae.com  – Pemerintah Pacitan berencana menyediakan layanan aplikasi tiket online untuk destinasi pariwisata Pacitan.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Pacitan Andi Faliandra mengatakan bahwa hingga saat ini destinasi wisata di Pacitan masih menggunakan pelayanan tiket secara langsung.

Kendati demikian, pihaknya berencana untuk mengubah sistem tersebut dengan menyediakan aplikasi layanan pembelian tiket lewat jaringan.

“Memang mimpi bikin aplikasi online. Tadi pagi baru direncanakan, persiapan dengan beberapa bank untuk online,” kata Andi, baru-baru ini.

Akan tetapi, rencana tersebut terhalang oleh ketersediaan perangkat lunak. Menurut Andi, rencana pengadaan dana untuk aplikasi pemesanan tiket online terpotong oleh kebutuhan penanganan pandemi Covid-19.

“Mudah-mudahan selesai Covid-19 terlaksana e-ticketing yang seperti Jatim Park, Ancol, TMII,” lanjutnya.

Terkait konsep, nantinya, calon wisatawan akan diberikan kode pembelian tiket setelah melakukan pembayaran.

Lalu kode pemesanan tiket tersebut ditunjukan ke petugas penjaga tempat wisata. Lewat aplikasi tersebut, nantinya kita akan bisa melihat jumlah kuota pengunjung pada tempat wisata yang hendak dituju.

Saat ini, terdapat beberapa tempat wisata yang sudah memanfaatkan aplikasi online untuk pelayanan terhadap calon pengunjung.

Di Jawa Tengah telah tersedia aplikasi Visiting Jogja yang melayani calon pengunjung yang hendak berwisata ke destinasi sekitar Daerah Istimewa Yogyakarta.

Sumber: Kompas

 

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya