Kampung Jepang di Pulau Seribu Jadi Pusat Kegiatan Ekonomi Kreatif

Kliknusae.com – Kampung Jepang di Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta jadi pusat kegiatan bagi pelaku UKM yang tergabung dalam Jakpreuneur. Sejauh ini sudah ada 26 kios yang telah aktif.

Bupati Kepulauan Seribu Junaedi mengatakan bahwa pembangunan sentra UKM di pulau tersebut ditujukan untuk meningkatkan ekonomi pariwisata daerah.

“Di sini nanti akan kami bangun Jakpreneur yang ada di wilayah. Khususnya di Pulau Untung Jawa ini bisa kami bangkitkan,” kata Junaedi, dilansir Kliknusae dari Okezone, Selasa, 25 Mei 2021.

Junaedi mengatakan bahwa nanti pihaknya akan memilih dan menunjuk masyarakat yang masuk ke Jakpreuneur, untuk bersama-sama menjalankan kegiatan UKM di Kampung Jepang.

Ia melanjutkan bahwa pada HUT ke-494 DKI Jakarta, sebanyak 26 kios dibangun untuk menunjuang kegiatan wisata di Pantai Sakura, Kampung Jepang, Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu.

“Lokasi pencanangan kami tempatkan di destinasi Kampung Jepang, Pantai Sakura, Kelurahan Untung Jawa. Kenapa kami tempatkan di destinasi kampung Jepang, berbagai alasan tadi saya sampaikan (dalam video konferensi bersama Gubernur DKI Jakarta),” lanjutnya.

Saat ini, kata Junaedi, pembangunan Kampung Jepang sudah sampai 97 persen. 3 Persennya yakni hanya merapikan sisa pembangunan oleh kontraktor swasta.

“Karena ini adalah kewajiban yang sudah kami tanda tangani kerjasamanya dan insyaAllah mungkin beberapa minggu ke depan akan kami resmikan di Pantai Sakura,” kata Junaedi.

Junaedi menjelaskan bahwa pihaknya telah berkolaborasi dengan masyarakat dan anak perusahaan BUMN untuk menentukan desain dan rancangan Kampung Jepang.

“Alhamdulillah kolaborasi ini terwujud dalam bentuk destinasi Kampung Jepang,” kata Junaedi.

Ia berharap, Kampung Jepang dapat memberikan pengaruh positif bagi peningkatan ekonomi pariwisata DKI Jakarta dan Pulau Seribu. (*/JAV)

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya