Bupati Ogan Ilir Akan Gelar Festival Tahunan di Desa Burai

SUMSEL, Kliknusae.com – Desa Burai yang terletak di Kecamatan Tanjung Batu, Kabupaten Ogan Ilir makin muncul ke permukaan.

Pasalnya, desa ini meraih peringkat kedua terbaik pada kategori Kampung Ekowisata Terpopuler dalam gelaran Anugerah Pesona Indonesia Award 2020.

Bupati Ogan Ilir, Panca Wijaya mengatakan bahwa pihaknya akan menyiapkan festival tahunan di desa tersebut.

“Kita akan menggelar festival tahunan di Desa Burai setiap tanggal 26 Mei,” kata Panca dilansir Kliknusae dari Tribunsumsel, Kamis, 27 Mei 2021.

Rencana tersebut dikemukakan setelah Panca mengunjungi Desa Burai. Pada kunjungan tersebut, Ia didampingi Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Ogan Ilir, Siti Khadijah Mikhailia Khairunisa Alamsjah.

Keduanya mengunjungi desa Burai untuk melihat dan meninjau wisata dengan konsep konservasi alam, pemberdayaan sosial, budaya, ekonomi masyarakat lokal serta aspek pembelajaran dan pendidikan.

“Saya sangat bangga karena baru tiga bulan menjabat bupati, Desa Burai telah mengharumkan nama Ogan Ilir,” kata Panca.

Pada kunjungannya, Panca berkeliling rawa yang masih alami dengan menggunakan perahu motor. Lalu, Panca beserta rombongan kunjungan menebar bibit ikan ke perairan rawa tersebut.

“Semoga ke depannya budidaya ikan ini semakin berkembang dalam menunjang sektor ekowisata di Desa Burai,” katanya.

Setelah puas berlayar, Ia beserta rombongan lanjut mengunjungi makam ulama yang menyebarkan agama islam di desa Burai.

Lalu, setelah mengunjungi makam, Panca dan rombongan mencoba uliner khas yakni kemplang panggang. Selain itu juga melihat hasil kerajinan warga berupa kain tenun songket khas desa Burai.

“Destinasi wisata Desa Burai merupakan paket komplit dan dipadukan dengan kearifan lokal, keramahan penduduk. Ini yang jadi modal utama pariwisata kita,” tutupnya Panca. (*/JAV)

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya