Bukan Hanya Jepang, Bunga Sakura Hadir di Kebun Raya Cibodas

Kliknusae.com – Kebun Raya Cibodas, memiliki koleksi bunga khas Jepang yakni bunga sakura. Kini wisatawan yang ingin liburan ke Jepang namun terhaalang kondisi pandemi, bisa sedikit mengobati kerinduannya dengan memandangi bbunga sakura di Kebun Raya Cibodas.

Kebun Raya Cibodas, terletak di kaki Gunung Gede dan Pangrango, Cianjur, Jawa Barat. Lokasinya pun tak jauh dari Jakarta, yang mana hanya membutuhkan waktu sekitar 2 jam untuk tiba di kebun ini.

Bunga sakura di Jepang hanya mekar satu kali dalam setahun, yakni pada Bulan Maret-April. Sedangkan di Kebun Raya Cibodas bunga sakura mekar dua kali setahun, yakni pada bulan Januari-Februari, dan Agustus-September.

Mekarnya bunga sakura adalah waktu yang sangat dinanti-nanti oleh masyarakat Jepang, sehingga umumnya mereka melakukan tradisi Hanami. Hanami berarti “melihat bunga”, sama halnya dengan rekreasi. Bedanya, piknik dalam tradisi Hanami ditemani indahnya bunga sakura yang sedang bermekaran.

Melansir dari laman resmi Kebun Raya Cibodas, bunga sakura yang mekar awal tahun ini tak serimbun dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Hal tersebut dikarenakan faktor cuaca yang tidak bersahabat sehingga berpengaruh terhadap pertumbuhan bunga sakura.

Terdapat sekitar 200 jenis sakura, atau marga Prunus yang tersebar di daerah empat musim, subtropik, dan tropik. Sebagian besar marga Prunus dapat ditemukan di Amerika Utara, Asia, dan Eropa bagian selatan.

Untuk jenis sakura yang mekar di Kebun Raya Cibodas antara lain Prunus cerasoides. Prunus cerasoides memiliki nama sinonim Cerasus cerasoides, Prunus puddum, Cerasus puddum. Dengan nama umum dalam bahasa Inggris antara lain Himalayan wild cherry, Sour Cherry, termasuk ke dalam suku Rosaceae yang berarti kerabat mawar.

Saat bunga sakura mekar, Kebun Raya Cibodas mendadak diminati oleh pengunjung. Tidak perlu khawatir jika tidak sempat melihat mekarnya sakura pada awal tahun, karena pengunjung dapat melihat sakura di Kebun Raya Cibodas pada bulan Agustus-September mendatang. Mengingat, jadwal mekar bunga tersebut dua kali dalam setahun. (JV/TSS)

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya