Sandiaga Bentuk Satgas Toilet Khusus, Seperti Apa Fungsinya?

Kliknusae.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, membentuk Satgas Toilet Indonesia. Nantinya satua tugas (satgas) ini akan beroperasi di seluruh destinasi wisata.

Program ini diambil guna menjaga kebersihan toilet dan juga secara tidak langsung menjaga citra dan reputasi pariwisata Indonesia.

“Satgas toilet Indonesia yang kami gagas merupakan konsep dari penyiapan destinasi wisata tidak hanya dari sisi infrastruktur yang terlihat tapi juga dari fasilitas penunjang berupa toilet,” ujar Sandiaga Uno dilansir dari kompas.com.

Dirinya menyebutkan bahwa di beberapa titik destinasi sudah membentuk satgasnya sendiri. Maka dari itu Kemenparekraf melimpahkan tanggungjawab ini kepada komunitas yang ada di sekitar destinasi untuk menjalankan satgas toilet. Nantinya satgas ini akan diberikan seragam cokelat.

Sandiaga sebut pasukan cokelat ini nantinya akan menjaga kebersihan toilet demi menambah pelayanan dan kenyamanan bagi semua khususnya wisatawan.

“Jadi saya nanti akan jadi Chief Toilet Officer, jadi nanti saya punya Deputi Satgas Toilet di setiap destinasi pariwisata di Indonesia. Ini yang kita harapkan untuk dijaga dan dirawat betul toiletnya sesuai dengan standar bermutu untuk menerima pariwisata mancanegara dan lokal,” kata Sandiaga lagi.

Dirinya menegaskan jika pariwisata di daerah berjalan dengan baik makan akan mengangkat nilai ekonomi bagi masyarakat.

“Jadi kita sudah lelah apabila setelah memasarkan destinasi pariwisata yang datang wisatawan melihat toilet kotor sehingga dapat mempengaruhi reputasi pariwisata Indonesia menjadi tidak kondusif. Kita harus perbaiki sistem pengelolaan toilet di daerah wisata untuk menjadikan Indonesia sebagai destinasi utama pariwisata di Asia,” kata Sandiaga, dilansir dari kompas.com.

Menurutnya, toilet merupakan salahsatu indikator penting suatu destinasi apakah sudah bertaraf internasional atau belum. Ia juga mengajak kepada pengelola swasta untuk turut membentuk satgas toilet guna memperbaiki kualitas pariwisata Indonesia. (JV/TSS)

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya