Bagai “Surga Tersembunyi”, 9 Pantai di Pacitan Ini Wajib Kamu Kunjungi saat Liburan!

Kliknusae.com – Tidak hanya Bali, Jawa Timur juga memiliki deretan pantai dengan panorama indah. Salah satunya adalah deretan pantai di Pacitan yang menghadap langsung ke Samudra Hindia.

Sayangnya, belum banyak orang yang mengetahui keindahan pantai di Jawa Timur ini. Bahkan beberapa pantai terletak di balik tebing besar, seolah-olah menjadi mutiara yang sengaja disembunyikan.

Untuk yang berencana ke Pacitan, berikut daftar sembilan pantai di Pacitan yang wajib kamu kunjungi.

Rekomendasi Pantai di Pacitan yang Cantik

Pantai Banyu Tibo

Pertama, ada Pantai Banyu Tibo. Daya tarik pantai ini adalah memiliki air terjun yang langsung mengalir ke pantai.

Nama Banyu Tibo diambil dari air terjun di pantai ini. “Banyu” berarti air, sedangkan “Tibo” berarti jatuh.

Selain itu, pantai ini memiliki keindahan bawah laut yang menakjubkan. Kegiatan snorkeling sangat cocok dilakukan di pantai ini. Namun, kamu harus membawa peralatan snorkleing sendiri dari rumah ya!.

Pantai Ngandul

Pantai Ngandul terkesan tersembunyi karena lokasinya yang berada di balik tebing. Pantai ini merupakan tetangga dari Pantai Buyutan. 

Karena letaknya berada di balik tebing, salah satu pantai di Pacitan yang cantik ini jarang dikunjungi wisatawan..

Pantai Ngandul memiliki panorama alam yang sangat menakjubkan. Ketika berkunjung ke sini, kamu bisa melihat cantiknya tebing karang yang dihiasi air terjun.

Meski indah, jangan coba untuk berenang di Pantai Ngandul ya! Pasalnya, pantai ini memiliki arus yang cukup deras sehingga tidak aman.

Pantai Ngandul terletak di Desa Widoro, Kecamatan Donorojo, Pacitan. Pantai ini dibuka setiap hari selama 24 jam.

Watu Karang

Salah satu pantai di  Pacitan yang menyajikan panorama memukau ini dijuluki sebagai “Raja Ampatnya Pacitan”. Beberapa orang juga yang menyebutnya “Hawaiinya Indonesia”. Hal tersebut bukan tanpa alasan.

Pantai ini memiliki gugusan batu karang yang dihiasi pepohonan rindang mirip seperti Raja Ampat di Papua. Selain itu, pantai ini cocok untuk olahraga selancar karena memiliki deburan ombak yang bagus.

Memiliki ketinggian ombak sekira empat meter, pantai ini sering dikunjungi peselancar mancanegara yang penasaran menjajal deburan ombak yang terkenal bagus ini.

Air di sekitar pantai pun sangat bersih dan jernih. Belum lagi, pasir putih bertekstur lembut bakal bikin kamu betah berlama-lama bersantai di sini. 

Untuk menuju kesini, tinggal arahkan kendaraanmu menuju Desa Watu Karung, Kecamatan Pringkuku, Pacitan. Tiket masuknya pun cukup terjangkau, yakni sebesar Rp5 ribu. 

Pantai Klayar

Pantai Klayar masih termasuk kedalam deretan Pantai Selatan, sehingga pantai di Pacitan ini memiliki debur ombak yang besar. Kamu tidak disarankan untuk berenang di tepinya.

Nama Klayar diambil dari istilah jawa, “klayar-kluyur”, karena pantai ini sangat cocok dijadikan sebagai tempat berjalan-jalan sambil menikmati keindahan alam sekitar.

Di sebelah timur Pantai Klayar, terdapat sebuah batu karang yang terbelah. Menurut legenda setempat, batu tersebut terbelah akibat pertempuran makhluk astral. Sementara, secara ilmiah, batu tersebut terbelah karena terlalu sering dihantam oleh ombak yang besar secara terus menerus.  

Pantai Klayar terletak di Dusun Kalak, Desa Sendang, Kecamatan Donorojo. Untuk masuk ke sini, kamu harus membeli tiket seharga Rp10 ribu.

Pantai Teleng Ria

Pantai ini diapit oleh dua buah bukit yang menjorok ke arah laut. Menghadap langsung ke Samudera Hindia, Pantai Teleng Ria memiliki ombak yang besar.

Demi keselamatan, terdapat papan peringatan yang berisi larangan berenang pada radius 500 meter. Meski tidak bisa berenang, kamu bakal puas berjalan-jalan di tengah hamparan pasir pantai yang luas ini..

Pantai Teleng Ria terletak di Dusun Balong, Desa Sidoharjo. Untuk masuk ke pantai ini kamu perlu membayar tiket retribusi sebesar Rp10 ribu.

Pantai Srau

Ketika tiba di salah satu pantai di Pacitan yang memiliki panorama cantik ini, kamu akan disambut oleh barisan pohon kelapa yang menjulang tinggi. 

Kemudian, kamu akan melihat deretan tenda yang disediakan untuk pengunjung.

Pantai Srau memiliki pasir putih yang bersih dengan dihiasi oleh dua tebing batu yang menjorok ke arah laut. Ditambah lagi, beberapa bukit menghiasi lautnya yang biru.

Terdapat juga beberapa gazebo untuk kamu yang ingin bersantai sambil menikmati panorama alam Pantai Srau. 

Selain itu, kamu juga melewatkan pemandangan sunrise dan sunset di pantai ini.

Srau terletak di Desa Candi (Dusun Srau), Kecamatan Pringkuku. Pantai ini dibuka 24 jam dengan harga tiket masuk mulai dari Rp5 ribu.

Pantai Buyutan

Pantai yang berada di Desa Widoro, Kecamatan Donorojo, Pacitan ini hampir sama seperti pantai yang ada di Pacitan pada umumnya. Yakni memiliki hamparan pasir putih yang indah dan luas.

Daya tarik pantai ini adalah adanya beberapa batu karang di tengah laut yang berbentuk sangat unik. Ada batu karang yang berbentuk seperti perahu, mahkota, dan lain-lain. Batu karang yang unik ini tentu menjadi sasaran para pengunjung untuk berfoto.

Hal yang tidak boleh dilewatkan tentu momen bermain di bibir pantai. Ombak di pantai ini tidak terlalu besar, sehingga masih aman untuk berenang di tepian.

Untuk memasuki kawasan pantai yang dibuka selama 24 jam ini, kamu cukup membayar tiket seharga Rp5 ribu.

Pantai Pangasaan

Pantai Pangasaan adalah salah satu pantai di Pacitan dengan akses jalan yang cukup menantang. Kamu harus menyusuri persawahan dengan berjalan kaki.

Pantai ini berada di Dusun Batulapak, Desa Kalipelus, Kecamatan Kebonagung, Pacitan. 

Tidak seperti pantai lainnya, Pantai Pangasan tidak memiliki banyak pasir. Batu kerikil dan karang berbagai ukuran menggantikan pasir di pesisir pantai.

Dari pantai, kita bisa melihat indahnya pemandangan Gunung Lanang di sisi barat. Selain kehadiran Gunung Lanang, pantai ini juga dihiasi oleh dua batu besar yang menjulang ke atas. 

Kamu dapat duduk santai di atas batu karang sekitar pantai, sambil berfoto ria.

Pantai Langitan

Pantai Langitan juga termasuk pantai di Pacitan yang belum terjamah banyak orang. Lokasinya berada di bawah tebing, sehingga akses menuju pantai ini cukup sulit. 

Untuk tiba di pantai ini, kamu harus menuruni tebing terlebih dahulu.

Pantai yang berada di Desa Widoro, Kecamatan Donorejo ini, memiliki hamparan pasir putih yang bersih dan cukup luas.

Sebagai pengunjung, kamu bisa bermain di sepanjang tepi pantai. Suasana pantai ini cenderung tenang, sehingga cocok untuk kamu yang ingin mencoba yoga atau meditasi di alam terbuka.

Pandemi Covid-19 berdampak besar bagi pariwisata khususnya di Indonesia. Beberapa situs wisata ditutup sementara. 

Dalam rangka pemulihan ekonomi sektor pariwisata, pemerintah gencar melakukan berbagai program demi mendukung laju roda perekonomian. 

Begitu pula beberapa pantai di Pacitan yang telah dibuka, diharapkan dapat mengembalikan kondisi perekonomian warga.

Namun, sebagai pengunjung, kamu harus tetap ingat untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dan tetap menjaga kesehatan.

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya