Punya Garis Pantai yang Luas, Donggala Fokus Benahi Wisata Bahari

Kliknusae.com – Bidang Destinasi Wisata Dinas Pariwisata Donggala, Johan Dwirisyanto menyebutkan bahwa wisata bahari masih menjadi destinasi unggulan bagi sektor pariwisata di Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah.

Dirinya pun menambahkan bahwa Donggala memiliki garis pantai yang cukup luas, sehingga banyak objek wisata di kabupaten ini mengandalkan wisata bahari untuk menarik minat wisatawan.

Ia melanjutkan, di Donggala terdapat tiga destinasi unggulan yakni objek wisata Pantai Tanjung Karang yang terletak di Desa Labuan Bajo, Kecamatan Banawa. Destinasi ini menawarkan spot pasir putih dan kekayaan biota bawah laut. Destinasi ini sering dikunjungi wisatawan mancanegara (wisman) yang ingin melakukan kegiatan diving. Selain itu destinasi ini bahkan sering juga dijadikan sebagai tempat penelitian.

“Pemerintah melalui pelaku usaha pariwisata selalu berupaya memberikan pelayanan maksimal terhadap wisatawan,” ucapnya.

Destinasi kedua yakni Pantai Boneoge yang terletak di Kecamatan Banawa dan destinasi Pusat Laut.

Destinasi wisata Pusat Laut memiliki keunikan tersendiri, pasalnya terdapat sumur alami yang memiliki dinding bebatuan sejenis karang dengan diameter sekitar 10 meter. Sumur ini memiliki kedalaman kira-kira tujuh meter yang menampung air laut jernih.

Menurut Johan, sebagai upaya peningkatan pelayanan terhadap wisatawan di tiga destinasi unggulan tersebut, pihaknya bersama warga melengkapi sejumlah fasilitas pendukung, seperti akses jalan, tempat penginapan dan warung-warung kuliner lokal termasuk menjamin keamanan.

Dirinya menambahkan, saat ini pihaknya terus berupaya meningkatkan nilai objek wisata di kabupaten tersebut, dalam rangka mewujudkan misi pemerintah setempat menjadikan Donggala sebagai tujuan wisata.

“Selain tiga destinasi tersebut, masih banyak objek-objek wisata bahari yang tidak kalah menarik dengan daerah lain, termasuk objek wisata alam rumah pohon di Desa Tavanggeli, Kecamatan Pinembani dan kami memprioritaskan upaya pengembangannya,” pungkas Johan, dilansir Kliknusae.com dari Okezone. (JV/TSS)

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya