Homestay di Likupang Rampung Dibangun, Berikut Harga Sewanya. Terjangkau, lo!

LIKUPANG – Kliknusae.com – Homestay atau rumah singgah di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Manado, Likupang, di Provinsi Sulawesi Utara rampung dibangun. Biaya sewanya dibanderol dengan harga sangat terjangkau!

Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Sulawesi I Hujurat menjelaskan, seluruh homestay yang sudah rampung mulai disewakan kepada wisatawan dengan harga Rp200 ribu. Hal itu ia terangkan pada Selasa (9/3/2021).

Hujurat mengatakan, rumah singgah tersebut dipoles melalui program peningkatan kualitas rumah masyarakat yakni Sarana Hunian Pariwisata (Sarhunta).

Tahun lalu, Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Perumahan mengalokasikan anggaran dana sebesar Rp 36,74 miliar untuk 529 unit di KSPN Manado-Likupang. Pembagiannya, 263 unit untuk peningkatan kualitas rumah singgah di KSPN Manado-Likupang yang tersebar di tiga desa Kabupaten Minahasa Utara yaitu Desa Marinsow, Desa Pulisan, Desa Kinunang, serta Kelurahan Bunaken. Lalu sebanyak 266 unit rumah lainnya terdapat di sepanjang koridor KSPN Manado-Likupang. Sampai saat ini program peningkatan tersebut sudah rampung.

Dirjen Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid menjelaskan bahwa program Sarhunta bertujuan untuk mendukung pemulihan pariwisata daerah. Selain itu, juga meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang terdampak Pandemi.

“Kami berharap, Program Sarhunta ini bisa bermanfaat dalam hal peningkatan kualitas rumah masyarakat di sekitar KSPN Manado-Likupang,” tutur Khalawi.

Sementara itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahudin Uno menyambut baik program infrastruktur dan perumahan dari Kementerian PUPR.

“Pembangunan rumah-rumah warga agar bisa dijadikan homestay adalah wujud nyata Pemerintah untuk menggerakkan ekonomi masyarakat daerah khususnya desa, membuka peluang usaha, dan membantu menambah penghasilan masyarakat,” kata Sandiaga, dilansir dari Kompas.com. (JV/TSS)

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya