Wisatawan Meningkat, Pemkab Aceh Singkil Anjurkan Masyarakat Membuat Homestay

ACEH – Kliknusae.com – Pemerintah Kabupaten Aceh Singkil melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga terus berupaya mendorong masyarakat Pulau Banyak membuat homestay. Terutama bagi keluarga yang memiliki kamar lebih.

Dilansir dari Antaranews, Kepala Bidang Pariwisata Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Aceh Singkil, Surkani mengatakan kehadiran homestay tersebut dibutuhkan karena kunjungan wisatawan ke Pulau Banyak semakin meningkat.

“Kehadiran homestay tersebut mendukung pengembangan pariwisata Pulau Banyak. Karena itu, kami terus mendorong masyarakat Pulau Banyak yang memiliki kelebihan kamar menjadikan rumah mereka sebagai homestay,” kata Surkani, dilansir dari antaranews.

Dirinya melanjutkan bahwa wisatawan yang datang meningkat, masyarakat pun sudah menyadari hal ini menjadi nilai tambah bagi masyarakat Pulau Banyak. Saat ini, baru ada 18 homestay milik warga pulau. Demi meningkatkan nilai ekonomi di daerah, masyarakat dianjurkan untuk memanfaatkan situasi ini.

Kepada pemilik penginapan tersebut, Surkani juga mengimbau tetap memberi pelayanan terbaik kepada wisatawan. Selalu jaga kebersihan homestay, termasuk membangun sanitasi yang baik, sehingga wisatawan betah di Pulau Banyak.

Pulau Banyak berada di Samudera Hindia dengan 63 pulau besar dan kecil. Pulau Banyak berjarak 26 mil dari Singkil, ibu kota Kabupaten Aceh Singkil, dengan jarak tempuh dua hingga empat jam perjalanan laut. Pulau ini memiliki potensi wisata seperti pantai yang elok dengan mercusuar di tepinya. (JV/TSS)

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya