Banjir di Kabupaten Karawang Rendam 33 Desa

KARAWANG, Kliknusae.com – Banjir yang melanda Kabupaten Karawang Jawa Bawat semakin parah hingga merendam 14.340 rumah di 33 desa per Minggu (21/2).

Data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karawang, banjir akibat tingginya curah hujan dan meluapnya sejumlah sungai di wilayah itu sudah menyebar di 15 kecamatan. Sejumlah sungai di Karawang yang meluap yakni Citarum, Cibeet, Cikaranggelam, Cikareteg, dan Sungai Cilamaya.

Sebanyak 14.754 KK atau 52.527 jiwa di Karawang dilaporkan terdampak bencana banjir. Sementara warga korban banjir yang mengungsi sebanyak 3.393 KK atau 19.092 jiwa.

Dilansir dari Antara, Plh Bupati Karawang Acep Jamhuri menyebutkan 15 kecamatan di Karawang yang kini dilanda banjir adalah Rengasdengklok (enam desa), Telukjambe Barat (tiga desa), Ciampel (satu desa), Pangkalan (satu desa), Cikampek (dua desa), Karawang Barat (lima desa), Tirtamulya (satu desa), serta Kecamatan Jatisari (satu desa).

Banjir juga melanda Kecamatan Telukjambe Timur (dua desa), Banyusari (dua desa), Karawang Timur (satu desa), Cilamaya Wetan (empat desa), Pakisjaya (dua desa), Rawamerta (satu desa), dan Kecamatan Batujaya (satu desa).

Sejumlah rumah sakit di Karawang juga terendam banjir menyusul tingginya curah hujan dan meluapnya beberapa titik sungai.

“Banjir sudah meluas ke sejumlah wilayah Karawang sampai ke wilayah perkotaan,” kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat, Yasin Nasrudin pada Sabtu lalu. Dilansir dari CNN.

Di wilayah perkotaan, banjir selain merendam rumah sakit, juga permukiman, akses jalan, dan kawasan pusat pertokoan. Rumah sakit yang terendam banjir di antaranya Rumah Sakit Islam Karawang dan Rumah Sakit Bayukarta. Akibat kondisi itu, petugas membawa pasien ke rumah sakit yang lebih aman atau yang tidak terkena banjir.

Salah satu tempat pengungsian adalah di Kantor Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Gedung tersebut menjadi tempat penampungan dan dapur umum korban banjir yang melanda wilayah sekitar.

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya