Alat Pendeteksi Covid-19 GeNose Tak Maksimal Untuk Perokok

Ia mengatakan setiap alat yang digunakan dalam mendiagnosa penyakit pasti punya keterbatasan. Namun hal itu yang harus diketahui.

“Jadi saya belum tau banyak mengenai detail alat itu. Tapi ini lumayan cepat dan satu hal yang belum familiar. Dan penelitian seperti itu (Genose) banyak, tapi yang komersil baru pertama saya lihat,” ucap Ahmad.

Pengurus Pusat Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat (IAKMI) Hermawan Saputra mengatakan penggunaan GeNose sebagai skrining awal Covid-19 untuk pelaku perjalanan tidak tepat karena tidak praktis dalam penggunaannya.

Ia juga menyebutGeNose juga tidak bisa digunakanuntukactive case findingatau penemuan kasus baru.

“Walaupun GeNose sudah diteliti dan dikaji, tapi memang tidak praktis dalam penggunaannya, jadi memang tidak tepat, dan memang bukan sebagai active case finding,” tutur Hermawan.

Senada, Kepala Bidang Pengembangan Profesi Perhimpunan Ahli Epidemiologi Indonesia (PAEI) Masdalina Pane juga mengatakan GeNose tidak tepat jika digunakan sebagai screening penumpang.

Menurut Masdalina, ada banyak kelemahan dari alat tersebut, di samping efektivitasnya yang menurun jika digunakan pada perokok.

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya