Soal Perayaan Pergantian Tahun di Bali, Masih Menunggu Keputusan Gubernur

“Mereka merasa beratnya pariwisata (ditutup). Pariwisata nyaris kosong dan mem-PHK mereka. Mereka sadar menjaga prokes untuk menjaga bali aman Covid,” kata dia.

Sebagaimana diketahui, dari September hingga pekan kedua Desember, sebanyak 11.693 masyarakat terjaring razia atau operasi yustisi penegakan protokol kesehatan.

Dari jumlah tersebut, warga yang dikenai denda sebanyak 1.772 dan yang dilakukan pembinaan 9.921.

Sementara itu, sebanyak 112 orang di Bali terkonfirmasi positif Covid-19 pada Kamis (10/12/2020). Lalu pasien sembuh bertambah sebanyak 99 orang, dan 4 orang meninggal dunia.

Secara kumulatif, pasien terkonfirmasi positif 15.330 orang, sembuh 13.900 orang (90,67%), dan meninggal dunia 459 orang (2,99%).

Kasus aktif menjadi 971 orang (6,33%), yang tersebar dalam perawatan di 17 RS rujukan, dan dikarantina di Bapelkesmas, UPT Nyitdah, Wisma Bima dan BPK Pering.

Sekretaris Masyarakat Sadar Wisata (MASATA) I Ketut Swabawa ketika mengikuti Rakernas MASATA di Kota Bandung, Jawa Barat, belum lama ini. (Foto:Ist)

Dibagian lain, Sekretaris Masyarakat Sadar Wisata (MASATA)  I Ketut Swabawa berharap keberadaan vaksin Covid-19 yang sudah masuk ke Indonesia akan mempercepat pemulihan sektor pariwisata.

Apalagi pemerintah daerah juga telah mengucurkan program dana hibah pariwisata dari pemerintah pusat yang dialokasikan untuk reaktivasi usaha pariwisata.

“Saya mendukung jika vaksin didistribusikan ke sektor pariwisata secepatnya. Setelah audit CHSE untuk kesiapan beroperasinya usaha pariwisata, dana hibah pariwisata yang diterima Bali mencapai 1.2 T juga agar tepat sasaran yakni sebagai modal kerja perusahaan yang telah menerima dana tersebut,” kata Ketut Swabawa yang juga Tim Verifikasi CHSE Usaha Pariwisata Kabupaten Badung, Bali ini.

Ia menilai program vaksin pada sektor pariwisata akan mampu menciptakan public trust sebagai bentuk rasa aman untuk berwisata ke Bali.

“Saya yakin ini akan mampu sebagai akselerator pemulihan perekonomian di Bali,” tambahnya. (adhi)

Redaksi: Terjadi perbaikan dalam artikel ini pada pukul 17.04 WIB, Jumat (11/12/2020). Sebelumnya redaksi mohon maaf atas ketidaknyaman pembaca. Terima kasih.

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya