Angkatan Kerja Wajib Kuasai Teknologi Informasi-Komunikasi

Namun demikian, mantan Rektor UMM itu mengajak para wisudawan dan wisudawati untuk tetap optimistis meski pandemi COVID-19 belum mereda.

“Optimistis tinggi yang dimiliki mampu membuat kita lebih siap untuk melewati tantangan. Selain itu, juga dapat menumbuhkan kemampuan beradaptasi serta berinovasi dengan cepat dan tepat, lebih-lebih di kondisi pandemi yang tak kunjung berhenti,” tuturnya.

Pada kesempatan itu, Muhadjir juga menyinggung jumlah pengangguran di Indonesia yang berpotensi naik hingga sekitar 15 juta orang. Kenaikan signifikan ini dipicu oleh roda ekonomi yang masih seret berputar karena pandemi COVID-19.

Ia menyampaikan bahwa Presiden RI Joko Widodo selalu mewanti-wanti untuk memperhatikan dengan seksama perputaran ekonomi di Tanah Air. Salah satu upaya yang dilakukan adalah berusaha menekan angka penduduk miskin dengan berbagai program.

Muhadjir berharap bantuan Usaha Kecil, Mikro dan Menengah (UMKM) tetap dapat menghidupkan ekonomi masyarakat. Jumlah UMKM saat ini lebih dari 65 juta yang tersebar di seluruh daerah. “Jika setiap UMKM menyerap dua tenaga kerja saja, maka ada 130 juta orang yang bekerja di sektor UMKM ini,” ucapnya.

Selain itu, lanjutnya, pemerintah juga sudah menyiapkan program kartu prakerja. Program yang bertujuan untuk menambah bekal serta kompetensi bagi angkatan kerja yang belum mendapatkan pekerjaan. Begitu pun dengan mereka yang terdampak PHK akibat COVID-19.

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya