Bill Gates Sebut Amerika Buruk Dalam Koordinasi Penanganan Covid-19

Lalu ia menyoroti faktor-faktor pencegahan penyebaran penyakit di seluruh dunia dan memperingatkan potensi pandemi yang jauh lebih menular.

“Kegagalan untuk mencegah bisa memungkinkan epidemi berikutnya secara dramatis lebih dahsyat daripada ebola. Anda dapat memiliki virus di mana orang merasa cukup baik padahal mereka menular ketika naik pesawat atau mereka pergi ke pasar,” ujar Gates seperti dikutip Alarabiya.

Lalu Gates memberikan sejumlah saran utnuk meningkatkan kesiapan global untuk memerangi virus apa pun yang berpotensi menjadi pandemi. Pertama, miliarder asal AS ini mengatakan butuh sistem kesehatan yang kuat khususnya di negara-negara miskin.

“Di situlah ibu dapat melahirkan dengan aman, anak-anak bisa mendapatkan semua vaksin,” kata dia.

Selain itu, para tenaga medis mesti ditambah. Tenaga-tenaga medis itu kata Gates sudah dilatih khusus untuk menangani pandemi. Tak hanya tenaga medis, pasukan militer juga perlu dikerahkan untuk mempercepat distribusi logistik dan mengamankan daerah terdampak.

“Perlu juga mengambil keuntungan dari kemampuan militer untuk bergerak cepat, melakukan (distribusi) logistik, dan mengamankan daerah,” imbuh Gates.

“Jadi saya pikir ini harus menjadi prioritas. Tidak perlu panik. Kita tidak harus menimbun kaleng spageti atau turun ke ruang bawah tanah. Tetapi kita harus segera bertindak karena sudah tidak ada waktu lagi,” tutupnya.

(adh/cnn)

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya