Tak Ada Penambahkan Klaster Baru COVID-19 di Jawa Barat

“Tadi pagi sudah melakukan rapat koordinasi terkait protokol kesehatan. Kita akan tingkatkan pengendalian pemudik mulai dari daerah asal mudik (Jakarta) dan seterusnya, termasuk di Jabar, yakni di wilayah Bodebek,” katanya.

Sejauh ini, lanjut Berli, pihaknya sudah berhasil mengendalikan “imported case” dengan melakukan penelusuran kontak sehingga berhasil dilokalisasi. Pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) juga berpengaruh besar dalam pengendalian penyebaran COVID-19.

“Pemberlakuan PSBB MAMPU mengurangi pergerakan masyarakat sampai 30 persen. Walaupun di beberapa titik pemeriksaan masih ada penolakan dari masyarakat. Ini akan berpengaruh pada capaian pengendalian,” katanya.

Berli menambahkan pihaknya melakukan pemeriksaan di zona merah, dimana 15.500 swab test telah dilaksanakan di kabupaten/ kota dan swab test ini, khususnya dilakukan di wilayah yang menerapkan PSBB, yakni Bodebek dan Bandung Raya.

“Provinsi sudah melakukan 55 ribu swab test. sisanya, seperti hari ini kami lakukan kepada kelompok yang masih berkumpul, seperti di pasar di Bogor, sudah melakukan pemeriksaan,” ujar dia.

(adh)

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya