Luar Biasa, Cara ICA Bandung Barat Siapkan Dapur Umum

“Hari ini, kita dari anggota chef dan Katering Marwah menyumbangkan bahan makanan dan memasak, karena sudah tidak ada lagi donator yang menyumbang. Selanjutnya, katanya bantuan akan diberikan dalam bentuk mentahan kepada para korban banjir,” tutup Rukanda.

Sementara itu Ketua ICA Jawa Barat Anton Kuswendi mengapresiasi kegiatan sosial yang dilakukan anggota ICA Bandung Barat. Aksi ini memang sering dilakukan setiap terjadi bencana di beberapa daerah.

“Tanpa di komando teman-teman sering langsung bergerak saat diperlukan untuk kepentingan dapur umum bencana. Grup ICA selalu memantau, daerah mana yang membutuhkan bantuan. Setelah ada koordinasi dari pihak terkait, langsung terjun ke lokasi,” kata Anton.

Seperti diketahui, berdasarkan data yang dirilis BPBD KBB pada Rabu (1/1/2020) terdapat 462 Kepala Keluarga dengan dengan total 1.529 jiwa terdampak banjir bandang. 52 diantaranya merupakan kelompok rentan seperti balita.

Pada bencana akibat intensitas hujan tinggi ini terjadi di 11 lokasi kejadian dalam kurun waktu yang hampir bersamaan.

Di Kecamatan Ngamprah banjir bandang menerjang Desa Mekarsari, Desa Cilame, Desa Cimareme, Desa Margajaya, dan Desa Gado Bangkong.

Sedangkan di Kecamatan Padalarang, meliputi Desa Kertamulya, Desa Cipeundeuy, Desa Mekarsari dan Desa Kertajaya.

(adh)

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya