Dukung Wisata Labuan Bajo, KLHK Kembangkan Kebun Bibit Desa Modern

Di Kebun Bibit Desa Labuan Bajo sendiri tersedia bibit tanaman, antara lain kelengkeng sejumlah 15.000 batang, sirsak 20.000 batang, dan mangga 5.000 batang.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Siti juga melakukan peninjauan ke calon lokasi persemaian modern Labuan Bajo. Pembangunan persemaian juga dalam rangka mendukung destinasi wisata super prioritas Labuan Bajo sebagai salah satu etalase Indonesia, terutama bagi wisatawan mancanegara.

Adapun luas lahan persemaian modern tersebut sekitar 30 hektare, terletak di Satar Kodi, Kelurahan Nggorang, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat. Sejumlah tanaman endemik akan disediakan di persemaian modern ini dan diperkirakan setiap tahunnya bisa memproduksi 1 juta bibit tanaman.

Selain itu, pembangunan persemaian modern Labuan Bajo juga sebagai upaya untuk mengatasi kondisi lahan kritis berupa lahan terbuka dan semak belukar yang gersang dan tidak produktif yang masih banyak terdapat di Provinsi NTT, termasuk kawasan wisata Labuan Bajo.

Keberadaan bibit tanaman di persemaian modern ini, nantinya akan mendukung upaya penanaman untuk menciptakan lingkungan yang hijau dan indah, udara yang bersih dan segar, lahan yang produktif serta iklim mikro yang teduh dan nyaman, sehingga menciptakan image yang positif dan meningkatkan wisatawan untuk datang.

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya