Kemenhub Lakukan Persiapan Transportasi Jelang Nataru

Sementara pada momen Nataru tahun ini, Pemerintah dan Para Operator Angkutan telah menyiapkan sarana angkutan sebagai berikut: Moda jalan disiapkan sebanyak 50.317 unit bus (AKAP, AKDP dan Pariwisata); Moda penyeberangan disiapkan sebanyak 228 kapal Ro-Ro; Moda kereta api disiapkan sebanyak 404 unit kereta api; Moda laut disiapkan sebanyak 1.293 unit kapal; dan Moda udara disiapkan sebanyak 495 unit pesawat. Jumlah tersebut rata-rata mengalami peningkatan dibanding tahun 2018.

“Adapun konsentrasi pengaturan pada Jalur di Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur; Penyeberangan Danau Toba, Merak-Bakauheni, Ketapang-Gilimanuk, Kepulauan Maluku; Jalur wisata antara lain Puncak Bogor, Bandung, Malang, Solo, Yogyakarta, Parapat Toba; dan lokasi-lokasi lainnya yang menjadi tempat perayaan pergantian tahun,” sambung Budi.

Selanjutnya, Kemenhub memprediksi terdapat sebanyak 16,4 juta penumpang yang akan melakukan perjalanan pada angkutan nataru tahun ini atau turun 0,18 persen dibandingkan tahun lalu.

“Prediksi jumlah penumpang memang yang paling banyak darat karena jalan tol itu banyak bertambah. Kita prediksikan naik 4-5 persen. Yang lain itu rata. Udara mungkin turun sedikit,” ujar Budi.

Dalam raker tersebut, Komisi V DPR meminta Kemenhub selaku Koordinator Penyelenggaraan Angkutan Nataru mempersiapkan penyelenggaraannya dengan baik bekerjasama dengan stakeholder terkait, seperti Kementerian PUPR, BMKG, Basarnas, Korlantas Polri, dan para operator transportasi.*** (IG)

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya