Kemenhub Lakukan Persiapan Transportasi Jelang Nataru

Budi menambahkan, Kemenhub beserta Jasa Raharja juga menyelenggarakan Program Mudik Gratis dengan armada sebanyak 55 unit dengan kapasitas 2.475 penumpang. Program mudik gratis tersebut akan berangkat dari Jabodetabek dan Denpasar menuju beberapa kota di Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Yogyakarta.

“Mudik gratis akan kita sediakan kerja sama dengan beberapa pihak. Kami berharap program ini dapat membantu masyarakat serta mengurangi kepadatan arus lalu lintas,” tambahnya.

Sedangkan terkait aspek pelayanan, Kemenhub melaksanakan sejumlah kegiatan, antara lain: Peningkatan kualitas layanan mulai saat pembelian tiket selama perjalanan serta pelayanan angkutan terusannya; Peningkatan ketertiban dan keamanan pada simpul-simpul transportasi (stasiun, bandara, pelabuhan, terminal) dan selama perjalanan; Menjamin ketersediaan sarana transportasi jalan, laut, udara, dan KA, serta pengawasan terhadap pelayanan sesuai dengan standar pelayanan penumpang.

Di sektor udara, Kemenhub pun mengimbau pemberlakuan tarif pesawat yang terjangkau sesuai koridor tarif batas atas (TBA) dan tarif batas bawah (TBB).

Guna memonitor pelaksanaan dan pengawasan, Kemenhub melakukan pemantauan selama 19 hari yang dimulai pada H-6 angkutan Natal 2019 (19 Desember 2019) sampai dengan H+6 angkutan Tahun Baru 2020 (6 Januari 2020).

Mengenai puncak arus libur tersebut, Kemenhub memperkirakan dimulai pada Juma¡t, 20 Desember 2019 sampai dengan Selasa, 24 Desember 2019. Sedangkan puncak arus balik diperkirakan dimulai pada Minggu 29 Desember 2019 sampai dengan Selasa, 31 Desember 2019.

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya