Menhub Targetkan Kereta Bandara Solo Beroperasi Akhir 2019

Budi juga menyampaikan, kehadiran KA Bandara tersebut merupakan perwujudan cita-cita pemerintah yang mendambakan adanya konektivitas antarmoda angkutan massal.

“Jadi Saudara kita dari Klaten, Madiun, Sragen, dari arah utara itu bisa semakin mudah menggunakan antarmoda, menggunakan kereta api atau mereka yang menggunakan bus dari Wonogiri dan daerah lainnya, bisa berhenti di Terminal Tirtonadi dan langsung naik kereta api,” sambungnya.

Seperti diketahui, Kereta Bandara Adisumarmo memiliki jalur sepanjang 12,997 kilometer dengan waktu tempuh kurang lebih 15 menit. Dalam sehari akan terdapat sekitar 60 perjalanan kereta yang melayani dari Stasiun Solo Balapan menuju Stasiun Bandara Adisumarmo maupun sebaliknya, yang dilayani dengan 2 (dua) set kereta api (trainset).

Adapun headway (jarak antar kereta) sekitar 37 menit. Budi berharap ke depan headway ini dapat dipersingkat menjadi 24 menit. Hal ini dilakukan untuk lebih menarik minat masyarakat beralih ke kereta api untuk menuju bandara.

Saat peninjauan, Menhub Budi turut didampingi Direktur Jenderal Perkeretaapian Zulfikri dan sejumlah pejabat dari Kementerian Perhubungan serta PT Kereta Api Indonesia.*** (IG)

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya