Groundbreaking KEK Singosari Tercepat di Indonesia

“Kita harapkan KEK Singosari akan banyak membuka lapangan kerja. Ditargetkan KEK Singosari akan menyerap sebanyak 11.500 tenaga kerja,” harap HM Sanusi.

Kemudian pernyataan lain datang dari Direktur Utama PT Intelegensia Grahatama Singosari (IGT) David Santoso. Ia menyampaikan, tahap pembangunan KEK Singosari dibagi menjadi tiga tahapan, yakni 0-3 tahun, 3-8 tahun, dan 8-15 tahun.

David menjelaskan, tahap pertama investasi yang masuk sekitar Rp 2 triliun dari konsorsium PT IGT dengan ITDC serta investor PMA untuk pembangunan hotel yang dijadwalkan mulai operasional pada 2021. Sedangkan pada tahap kedua fokus untuk pengembangan digital atau technopark yang baru pertama ada di Indonesia.

“Tahap awal investasi yang digelontorkan untuk pengembangan KEK Singosari antara Rp 3 triliun-Rp 5 triliun. Kalau total sampai selesai diperkirakan bisa mencapai Rp 30 triliun,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Menpar Arief Yahya bersama Gubernur Kofifah melakukan peletakan batu pertama (groundbreaking) pembangunan Alun-alun Singhasari, kemudian menyaksikan penandatanganan MoU antara pengelola KEK Singosari dengan PLN, Telkom, dan PDAM.*** (IG)

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya