Bupati Sumedang Optimis Paralayang Menjadi Destinasi Unggulan

Ia pun optimistis bisa memanjakan memanjakan peserta dan wisatawan yang hadir dalam event kali ini. Itu karena Sumedang memiliki banyak destinasi wisata alam, budaya dan sejarah, hingga buatan.

“Sumedang akan menjadi destinasi komplet bagi West Java Paragliding World Championship 2019. Ada banyak destinasi wisata yang bisa diekplorasi oleh peserta bahkan pengunjung umum,” ungkap dia.

Berdasarkan data Kemenpar, pergerakan wisatawan mancanegara di Sumedang mencapai 3.400 orang dan wisawatawan nusantara 428,2 ribu orang pada tahun 2019. Sumedang menargetkan kunjungan 25 ribu wisman dan 750 ribu wisnus di tahun 2019.

Peserta West Java World Paragliding Championship terlihat sumringah menunggang kuda dalam pembukaan event internasional tersebut. FotoL dok humas

“Ini karena kita starnya di bawah ya, dengan adanya (event) ini setidaknya mencapai ribuan ya. Angka pastinya dinas,” tutur dia.

Ia menuturkan salah satu venue utama event ini Batudua cukup populer sebagai destinasi wisata dirgantara. Destinasi ini pernah menjadi venue Pra Piala Dunia XC Paragliding 2013 dan Cabor Paralayang PON XIX 2016.

Venue Yang Indah

Berada di ketinggian 930 mdpl, Batudua menawarkan pemandangan indah dengan background Waduk Jatigede.

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya