UNESCO Tetapkan Sawahlunto sebagai Situs Warisan Dunia

Pengajuan kriteria “Ombilin Coal Mining Heritage of Sawahlunto” yang menjadi Nilai Universal Luar Biasa adalah kritera dua dan empat. Kriteria dua adalah tentang adanya pertukaran penting dalam nilai-nilai kemanusiaan sepanjang masa. Atau di lingkup kawasan budaya, masuk dalam perkembangan arsitektur dan teknologi, seni monumental, perencanaan kota, dan desain lanskap.

Keterkaitannya dengan kriteria dua, keunikan tambang Ombilin itu menunjukkan adanya pertukaran informasi dan teknologi lokal dengan teknologi Eropa terkait dengan eksploitasi batubara di masa akhir abad ke-19 sampai dengan masa awal abad ke-20 di dunia, khususnya di Asia Tenggara. Sedangkan, kriteria empat adalah tentang contoh luar biasa dari tipe bangunan, karya arsitektur, dan kombinasi teknologi atau lanskap yang menggambarkan tahapan penting dalam sejarah manusia.

Untuk itu, keunikan tambang batubara Ombilin di Sawahlunto menunjukkan contoh rangkaian kombinasi teknologi dalam suatu lanskap kota pertambangan yang dirancang untuk efisiensi sejak tahap ekstraksi batubara, pengolahan, dan transportasi. Seperti yang ditunjukkan dalam organisasi perusahaan, pembagian pekerja, sekolah pertambangan, dan penataan kota pertambangan yang dihuni sekitar 7.000 penduduk.

Kementerian Pariwisata (Kemenpar) pun menyambut positif kabar bekas tambang batubara Ombilin di Sawahlunto, ditetapkan menjadi Situs Warisan Dunia oleh UNESCO. Hal ini meningkatkan kredibilitas dan mempermudah branding promosi destinasi wisata Sumatra Barat itu di kancah internasional.

Deputi Bidang Pengembangan Industri dan Kelembagaan Kementerian Pariwisata Ni Wayan Giri Adnyani berharap akan ada dampak susulan dengan meningkatnya kunjungan wisatawan mancanegara.

Sebagai destinasi wisata, Sawahlunto memiliki nilai sejarah kuat sebagai kota tambang batu bara pertama di Indonesia peninggalan zaman Belanda. Selain itu juga memiliki daya tarik keindahan alam karena dikelilingi pegunungan hijau dan masih banyak bangunan peninggalan Belanda.

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya