UNESCO Tetapkan Sawahlunto sebagai Situs Warisan Dunia

Klik nusae – Sawahlunto, Sumatera Barat ditetapkan menjadi Situs Warisan Dunia oleh United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO). Kabar gembira inipun sontak membuat sumringah Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya.

Penetapan ini dilakukan dalam sesi Sidang ke-43 Komite Warisan Dunia UNESCO PBB, di Gedung Pusat Kongres Baku di Baku, Azerbaijan.

“Akhirnya tembus juga! Selamat buat Sawahlunto, selamat buat Indonesia. Kini status bekas pertambangan batubara zaman kolonial di Ombilin itu sudah mendapatkan stampel kelas dunia! UNESCO, Lembaga PBB yang bergerak di Pendidikan dan Kebudayaan,” tutur Arief Yahya dikutip dari laman pesona.travel.

Arief Yahya menambahkan, dengan penetapannya menjadi heritage site UNESCO, Sawahlunto yang disebut sebagai “Ombilin Coal Mining Heritage of Sawahlunto”, Sumatera Barat, itu lebih mudah dipromosikan. Karena sudah diakui dunia. Untuk menjadi destinasi kelas dunia, maka atraksinya juga harus kelas dunia, dan saat ini Sawahlunto sudah mendapatkan pengakuan dunia.

Sawahlunto kini menjadi warisan budaya dunia kelima yang dimiliki Indonesia. Sebelumnya, Indonesia sudah memiliki empat warisan dunia kategori alam, yakni Taman Nasional Komodo (1991), Taman Nasional Lorentz (1999), Hutan Tropis Sumatera (2004), dan Taman Nasional Ujung Kulon (1991). Kemudian empat warisan dunia kategori budaya, yaitu Candi Borobudur (1991), Candi Prambanan (1991), Situs Sangiran ( 1996), dan sistem Subak di Bali (2012).

Tahun 2015, Kota Sawahlunto sudah dimasukkan ke dalam daftar sementara warisan dunia kategori budaya. Sejak saat itu, proses pengumpulan data, penyusunan dokumen pendukung, serta diskusi panjang dengan para ahli dan akademisi dari dalam dan luar negeri makin intensif dilakukan. Sampai pada akhirnya muncul usulan agar memperluas tema nominasi untuk memperkuat Nilai Universal Luar Biasa (Outstanding Universal Value).

Perluasan tema nominasi ini tentunya berimplikasi pada perluasan wilayah nominasi dengan menggabungkan beberapa kota atau kabupaten. Antara lain Kota Padang, Kota Padang Panjang, Kota Solok, Kabupaten Solok, Kabupaten Padang Pariaman, Kabupaten Tanah Datar di Sumatera Barat ke dalam satu wilayah nominasi, yaitu “Ombilin Coal Mining Heritage of Sawahlunto”.

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya