Festival Bakar Tongkang 2019, Magnet Pariwisata Bagansiapiapi

Fahmizal juga menjelaskan, Festival Bakar Tongkang adalah event pariwisata nasional yang rutin digelar setiap tahun di Kota Bagansiapiapi dan sudah masuk agenda 10 besar 100 Calendar of Events Pariwisata 2019.

Festival tersebut merupakan sebuah ritual budaya yang dilakukan untuk memperingati kehadiran masyarakat Tionghoa ke Bagansiapiapi pada tahun 1820 silam. Melalui ritual ini, masyarakat Tionghoa juga berjanji untuk mengembangkan diri di kota yang punya julukan Hong Kong Van Andalas.Rangkaian acaranya dimulai dari Klenteng Ing Hok Kiong yang merupakan klenteng tertua di Kota Bagansiapiapi.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menyebutkan, Festival Bakar Tongkang sangat berpotensi menarik wisatawan mancanegara. Khususnya wisman asal Tiongkok maupun warga keturunan yang sudah bermukim di Indonesia.

“Dari tahun ke tahun, festival ini selalu meriah dan mendapat sambutan luar biasa dari warga setempat maupun pendatang,” tutur Arief Yahya.

Semarak kemeriahan Festival Bakar Tongkang akan sangat terasa dan yang paling ditunggu para pengunjung yaitu saat momen puncak acara, ketika prosesi membakar replika kapal atau tongkang.*** (IG)

 

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya