Ratusan Wisatawan Asing Terpesona Gunung Kelud

Dua pendaki sedang menikmati keindahan Gunung Kelud di Kabupaten Kediri,Jawa Timur. Baru-baru ini sekitar 100 wisatawan asing pun berkunjung ke kawasan objek wisata ini. Foto:IG

Klik nusae – Gunung Kelud di Kabupaten Kediri Jawa Timur  tetap memberikan pesona tersendiri bagi wisatawan. Tak terkecuali dimata ratusan turis asing yang baru-baru ini berkunjung di gunung yang beberapa tahun silam sempat meletus.

Ya, sekitar 100 orang tamu istimewa dari Majapahit International Travel Fair (MITF) mendaki ke Gunung Kelud. Mereka berasal dari gabungan 14 negara yang datang menggunakan tiga unit bus.

Setibanya di Gunung Kelud, rombongan disambut tari-tarian tradisional. Mereka juga diberikan suvenir cantik oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kediri, berupa kaus.

Tidak hanya sekadar jalan-jalan, rombongan juga diajak berpetualang menjelajahi lereng Gunung Kelud dengan menggunakan jip offroad.

Sebanyak 25 unit mobil jip yang dipersiapkan untuk menyusuri medan ekstrem dengan suguhan pemandangan yang indah.

Direktur pelaksana Badan Promosi Pariwisata Daerah Jawa Timur, Bambang Priambodo mengaku, sengaja melakukan fun trip ke arah barat. Sebab, pihaknya akan ‘menjual’ objek wisata alam Gunung Kelud yang terkenal memiliki panorama kawah yang indah usai meletus pada 2014 lalu.

“Inilah saatnya kita jual keindahannya kepada masyarakat lokal maupun internasional,” katanya, Minggu (5/5/2019).

Kemudahan akses menuju Gunung Kelud disampaikan kepada rombongan MITF dari 14 negara sebagai ‘buyer’.

Harapannya, wisatawan asing dari agen travel internasional tersebut akan menghitung kendala waktu dan lainnya yang nantinya bisa disosialisasikan dan dipromosikan kepada wisatan lain.

 

“Dengan nantinya ada pembangunan infrastruktur di Kabupaten Kediri seperti jalan tol dan bandara adalah suatu kemudahan. Sebagian besar rombongan MITF berkomentar, ini sangat layak untuk kita jual. Dan mudah-mudahan untuk segera mereka jual Kediri ke kepada wisatawan dan Kediri sebagai pintu gerbangnya,” ucapnya.

Menurut Bambang, potensi wisata di Kabupaten Kediri sangat luar biasa. Seperti salah satu contohnya desa wisata. Menurutnya, yang harus diperhatikan adalah kreativitas dalam mengelola wisata tersebut.

Lizz Ali dari Faz Holiday Travel Malaysia berkomentar dalam Bahasa Inggris. “Kediri is wonderful, it amazing wonderful place and atractive. Ini sangat cocok untuk wisatawan dan kawasannya sangat bersih,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kediri Adi Suwignyo mengatakan, kedatangan rombongan MITF 2019 tersebut merupakan kesempatan emas bagi pemerintah daerah untuk mengenalkan pariwisata Kabupaten Kediri, salah satunya Gunung Kelud.

“Selain Gunung Kelud, ada sejumlah objek wisata menarik di kawasan lereng Gunung Wilis, antara lain, Air Terjun Dollo, Irenggolo dan Sumber Ubalan,” paparnya.

(adh)

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya