Ini Dia 10 Top Destinasi Wisata Bandung, Pas Buat Momen Mudik Lebaran

Klik nusae – Menjelang momen mudik Idul Fitri 2019, Kementerian Pariwisata (Kemenpar) merekomendasikan 10 destinasi wisata Bandung dan sekitarnya dalam program #PesonaMudik2019. Tertarik buat berkunjung ke Bandung selama libur lebaran nanti? Ini dia 10 destinasi wisata Bandung dan sekitarnya.

Alun-alun Kota Bandung

Alun-alun ini merupakan salah satu alternatif tempat wisata keluarga yang sering menjadi pilihan para wisatawan, khususnya warga Bandung. Lokasinya strategis dan mudah diakses. Di sana pun pengunjung bisa bersantai dan bermain di lapangan hijau berumput sintesis serta taman bunga berwarna-warni. Dekat dengan pusat perbelanjaan, ditambah fasilitas umum sudah lengkap, mulai dari Masjid Raya Bandung, toilet umum, area parkir, dan playground anak-anak.

Orchid Forest Cikole

Orchid Forest digadang-gadang sebagai taman anggrek terbesar di Indonesia. Taman indah ini, memiliki lebih dari 157 jenis bunga anggrek yang dibudidayakan dalam lahan seluas 12 hektare. Bibit anggrek berasal dari berbagai negara, seperti Venezuela, Amerika Serikat, hingga Peru. Pengunjung juga disuguhi pemandangan alam asri dengan udara sejuk, instalasi sarana yang aesthethic, berbagai spot foto yang Instagramable, serta fasilitas dan sub destinasi yang beragam.

Dusun Bambu

Destinasi wisata ini berbasis ecotourism di Jawa Barat yang cocok untuk wisata keluarga. Dusun Bambu memadukan antara keindahan alam dan budaya tradisional Sunda. Dilengkapi fasilitas penginapan yang unik dan menarik, diantaranya Kampung Layung Cottage dan Sayang Heulang Camp sebagai penginapan thematic yang sangat cocok untuk menghilangkan penat dari rutinitas sehari-hari. Ditambah 4 restoran yang menyajikan keunikan dan kelezatan kulinernya.

Trans Studio Bandung

Theme park ini merupakan kawasan permainan dalam ruangan terbesar se-Asia Tenggara. Berbagai permainan yang keren dan canggih ada di sini. Sangat pas untuk menghabiskan liburan bersama keluarga. Dari mulai The Giant Swing, Magical Parade Of Zoo, Yamaha Coster Racing, dan masih banyak lagi yang lainnya.

The Lodge Maribaya

Merupakan wisata alam terbuka yang dilengkapi dengan wahana permainan seru. Lokasinya sangat instagramable terutama bagi yang suka swafoto dan fotografi. Wisata ini memiliki luas mencapai 3 hektar yang berada di lereng perbukitan Maribaya. The Lodge Maribaya menyajikan pemandangan alam terbuka berupa hutan pinus alami dan aliran Sungai Cibodas. Tersedia pula fasilitas penginapan berupa 25 tenda unik dengan kapasitas 2-3 orang.

Tangkuban Parahu

Gunung Tangkupan Parahu sudah menjadi ikon pariwisata di kawasan Bandung Raya. Destinasi alam ini menyajikan kawah gunung yang terhitung masih aktif, ditemani udara nan sejuk. Gunung inipun melekat dengan cerita legenda Sangkuriang yang sangat populer. Rasanya tak lengkap jika berwisata ke Bandung tanpa mengunjungi Gunung Tangkuban Parahu.

Gedung Sate

Nah kalau yang bangunan heritage peninggalan Belanda yang telah lama menjadi ikon Kota Bandung. Gedung Sate menjadi destinasi ikonik yang wajib dikunjungi di Bandung. Gedung yang terletak di Jalan Diponegoro No.22 ini menjadi daya tarik utama buat wisatawan dalam negeri maupun luar negeri. Mereka banyak mengabadikan swafoto atau foto bersama dengan latar Gedung Sate. Kini di dalam Gedung Sate pun terdapat Museum Gedung Sate. Sebuah museum yang berisi segala sejarah pembangunan Gedung Sate dan Kota Bandung.

Kawah Putih

Kawah putih di daerah Ciwidey, Kabupaten Bandung ini, merupakan sebuah kawah yang terbentuk akibat letusan Gunung Patuha. Nama Kawah putih sendiri merujuk pada warna kawahnya yang notabene berwarna putih. Air di danau Kawah Putih pun memiliki warna yang berubah-ubah. Hal ini terjadi karena konsentrasi belerang yang ada di dalamnya.

Glamping Lakeside

Objek ini berupa sebuah resort yang berada di alam terbuka yang luas dengan dominasi kebun teh, dan terbuka untuk umum. Pengunjung bisa memilih menginap atau sekadar datang hanya untuk menikmati keindahan alam dan berbagai fasilitas yang ditawarkan di sini. Magnet kawasan glamping yaitu Pinisi Resto. Restoran yang berbentuk kapal pinisi yang menghadap ke Situ Patenggang dan Pulau Cinta. Selain berkemah, wisatawan bisa beraktivitas berkeliling naik perahu di Situ Patenggang, berburu pemandangan matahari terbenam, berendam air panas di Kawah Rengganis, menuju Batu Cinta yang punya kisah dan mitos terkenal.

Balai Kota Bandung

Kota Bandung memang terkenal dengan bangunan heritagenya, banyak bangunan peninggalan kolonial Belanda yang bergaya art deco. Termasuk bangunan Balai Kota Bandung yang menarik untuk dikunjungi. Apalagi kini di sekitar gedung tersebut terdapat pula taman yang indah dan unik. Salah satunya Taman Labirin yang banyak menarik perhatian anak-anak.*** (IG)

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya