Halmahera Barat Promosi Pariwisata Lewat Festival Teluk Jailolo

Sajian kesenian tradisional mengisi acara pra event FTJ 2019. (Foto Kemenpar)

Klik nusae – Pemerintah Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara promosikan potensi pariwisata melalui Festival Teluk Jailolo (FTJ) 2019. Acara tahunan ini kembali masuk dalam jajaran 100 Wonderful Event dan menjadi list Calender of Event (CoE) Kementerian Pariwisata (Kemenpar) RI. Kali ini acara akan diselenggarakan pada 24-29 Juni 2019 mendatang.

Mengawali FTJ 2019 yang merupakan gelaran ke-11 tersebut, Pemkab Halmahera Barat bersama Kementerian Pariwisata RI menggelar pre event bertajuk “Launching Festival Teluk Jailolo 2019”. Dengan mengusung tema “Pesona Budaya Kepulauan Rempah” pada Sabtu, 6 April 2019 lalu, di Kawasan Landmark Kota Ternate.

Dikutip dari rilis Kemenpar, pra event ini mempunyai maksud dan tujuan sebagai langkah promosi awal dan berbagi informasi mengenai event FTJ 2019. Rangkaian acara yang ditampilkan pada pelaksanaan FTJ 2019, diantaranya:

Ritual Sigofi Ngolo, merupakan upacara tradisi bersih laut dan tabur bunga yang bertujuan memohon izin kepada leluhur untuk kelancaran acara oleh masyarakat dengan berziarah ke Pulau Babua.

Kemudian ada Teater Kuliner 7 (tujuh) Suku Asli di Desa Idamdehe Gamsungi yang menawarkan edukasi wisata kuliner dengan meyajikan panganan dan makanan khas Halmahera Barat yang disertai dengan deskripsi dan live cooking oleh masyarakat lokal.

Selanjutnya, Jelajahi Halmahera Barat yang cocok bagi wisatawan berjiwa petualangan. Di dalamnya akan disuguhkan Trip Fun Diving, Fun Trip Mariporoco Kahatola, Ekspedisi Talaga Rano, dan Ekspedisi Burung Bidadari. Hal ini akan memberikan pengalaman terbaik dan tentunya kenangan yang tak terlupakan.

Selain itu, ada juga Pesta Tani yang menampilkan hasil alam potensi pertanian Halmahera Barat dengan budaya bercocok tanam serta pesta panen Padi Ladang. Selebihnya dilaksanakan acara Pranata Adat dan Perdamaian, Perlombaan Tarian Tradisional, Musik Yanger, Akustik Kebangsaan, Dayung, Panjat Pinang, Lomba Gerak Jalan Kreasi Kebangsaan.

Puncak acara FTJ 2019, akan disajikan persembahan teater musical dengan panggung di atas air “Sasadu on the Sea” yang merupakan ikon Festival Teluk Jailolo dan Hiburan Rakyat Artis Ibukota.

Pihak penyelenggara pun berharap FTJ 2019 dapat memberikan suguhan menarik guna melirik calon wisatawan maupun pengunjung untuk merencanakan perjalanan liburannya menjelajahi Halmahera Barat.*** (IG)

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya