HSCS BC Gelar Seminar Pelatihan Kapal Pesiar

Berfoto bersama usai seminar di halaman Kampus HSCS BC. (Foto JalajahNusae/Iwan)

Klik nusae – Hotel Services & Cruise Ship Bandung Center (HSCS BC) Bandung menggelar Seminar Pelatihan Kapal Pesiar di Kampus HSCS BC, Jalan Cigugur Girang No. 89, Parongpong, Bandung Barat, Sabtu (9/3/2019).

HSCS BC merupakan lembaga pendidikan dan pelatihan yang fokus menjembatani siswanya untuk bekerja terampil di bidang pelayanan hotel dan kapal pesiar, khususnya food service dan housekeeping. LPK HSCS BC ini masih terbilang muda karena baru berdiri tanggal 15 November 2018. Didirikan orang-orang berpengalaman di dunia kapal pesiar, diantaranya Tedi Taryun, Teddy Lukman, Deny W. Bustomi, dan Agoes Soemanang.

Penyelenggaraan seminar itu pun sebagai ajang promosi menggaet siswa HSCS BC angkatan pertama yang memulai proses belajar di Juni 2019 mendatang. Namun pendaftaran sudah dibuka sejak November 2018 lalu.

Seminar gratis tersebut, diselenggarakan LPK HSCS BC bekerja sama dengan CTI Group Jakarta yang merupakan agen resmi penyalur tenaga kerja ke kapal pesiar. Hadir sebanyak 36 peserta yang didominasi para siswa SMK Kepariwisataan, seperti SMKN 3 Cimahi dan SMKN 9 Bandung.

Menurut Direktur HSCS BC, Teddy Lukman, LPK HSCS BC menyediakan beberapa program studi, diantaranya Program A bagi lulusan SMA/SMK sederajat atau calon siswa yang bidang studi berbeda dengan lama pendidikan selama 2 tahun ; Program B; dan Program C bagi siswa SMA/SMK sederajat atau staf hotel bintal 4 atau 5 yang berpengalaman selama setahun dengan lama pendidikan selama 6 bulan.

“Program studi tersebut nantinya siswa 70 persen praktik dan 30 persen teori. Unggulan kita ada di metode pembelajaran bahasa Inggris. Karena kunci utama kerja di kapal pesiar adalah bahasa inggris sebagai alat komunikasi utama. Seperti pengalaman saya dulu di kapal pesiar, orang Indonesia itu sudah terkenal ramah dan lugas, namun kurang dalam berbahasa Inggris, ini yang akan jadi perhatian utama kita,” terang Teddy yang berpengalaman 3 tahun di kapal pesiar dan juga pensiunan dosen STP NHI Bandung.

Sementara itu menurut Edi Iskandar, Recruiting Manager dari pihak CTI Group Jakarta menyambut gembira dengan hadirnya LPK HSCS BC. Ke depannya diharapkan dapat mendidik generasi muda terutama di daerah Bandung dan sekitarnya agar terampil dan jadi ahli di bidangnya. CTI Group siap membantu dan mewujudkan impian para generasi muda untuk bekerja di kapal pesiar dengan profesional.

“Peluang bekerja di kapal pesiar sangat besar, bahkan kami pun masih kewalahan dengan permintaan para user kapal pesiar untuk memenuhi kuota tenaga kerja. Tahun ini saja sudah diminta untuk menyediakan tenaga kerja terampil hingga 3000 orang di bidang Culinary, Housekeeping, F&B service, Deck & Engine, serta Fotografi. Syaratnya attitude, skill, dan knowledge harus bagus ditambah juga yang utama adalah kemampuan bahasa Inggris,” papar Edi kepada Klik nusae.

Terakhir, LPK HSCS BC yang diwakili sang pemilik, Tedi Taryun berharap sekolah ini menjadi sukses dan terbaik untuk dapat menjembatani siapapun yang ingin bekerja di perhotelan dan kapal pesiar.*** (IG)

 

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya