Festival Kopi Subang, Promosikan Kopi sebagai Potensi Unggulan Baru

Mentan Amran Sulaiman didampingi Bupati Subang Ruhimat saat diwawancara insan pers di Alun-alun Subang, Rabu (27/03/19). (Foto JalajahNusae/Iwan)

Klik nusae – Kabupaten Subang kini memiliki potensi produk unggulan baru di bidang perkebunan yaitu kopi. Produk unggulan inipun diperkenalkan kepada masayarakat melalui Festival Kopi Subang yang berlangsung di Alun-alun Subang, Rabu (27/03/2019).

Festival kopi tersebut merupakan bagian dari acara “Gelar Produk Unggulan Perkebunan Subang” yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Subang melalui Dinas Pertanian. Gelaran yang dihadiri Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman ini, diadakan dalam rangka mengakhiri program 100 hari kerja Bupati-Wakil Bupati Subang Ruhimat-Agus Masykur Rosyadi serta menyambut Hari Jadi ke-71 Kab. Subang.

Mentan Amran Sulaiman menuturkan, “Kopi kita harus dorong. Dulu Vietnam berguru dari Indonesia, namun kini mereka naik produktivitasnya jadi 35 ton. Infonya didapat saat kami berkunjung ke Hanoi dan berdiskusi dengan Wakil Menteri Perdagangan Vietnam. Mereka bilang ternyata kata kuncinya bibit unggul”.

Mendapat dukungan dari Mentan Amran mengenai kopi Subang, Bupati Subang Ruhimat pun akan terus menggenjot, mengembangkan dan membantu para petani kopi.

“Kopi merupakan potensi unggulan baru. Dalam hal ekspor pun, kopi akan menjadi yang utama untuk dikembangkan terus dan kita bantu para petani kopi. Targetnya untuk tahun ini saja ada satu desa yang akan mampu ekspor hingga 36 ton,” papar Ruhimat di sela-sela acara.

Sesi kompetisi barista. (Foto JalajahNusae/Iwan)

Sementara itu, Kepala Bidang Perkebunan Dinas Pertanian Kab. Subang, Nenden Setiawati mengungkapkan, Festival Kopi Subang itu bertujuan untuk memperkenalkan produk-produk kopi dari hasil budidaya para petani kopi asal Subang.

“Dikenalkan kepada masyarakat baik itu pecinta atau penikmat kopi di Subang maupun luar Kabupaten Subang, termasuk dari luar negeri yang diharapkan hadir pada Festival Kopi Subang. Subang sebenarnya memiliki kopi yang berkualitas untuk dipasarkan, baik di tingkat nasional maupun internasional. Artinya kita memiliki kopi bermutu yang tidak kalah dengan kopi dari daerah lain, termasuk kopi dari luar negeri,” ujar Nenden.

Baca juga: Menteri Pertanian Hadiri Acara Gelar Produk Unggulan Perkebunan Subang

Festival Kopi Subang ini diisi pameran stan-stan pengusaha kedai kopi dan cafe serta kompetisi barista berupa tata cara penyeduhan kopi mulai dari rasa kopi full wash, honey, natural dan Wine yang dinilai dewan juri.*** (IG)

 

 

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya