Atlet Balap Sepeda Mulai Bertanding Di Subang

Keindahan alam Kabupaten Subang,Jawa Barat menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk menyaksikan pertandingan balap sepeda Asian Games 2018. Foto:Dok

JELAJAH NUSA – Hari ini,Senin (20/8/2018) pebalap sepeda mountain bike (MTB) dan Road Race  Asian Games 2018 mulai berlaga dilintasan  Subang,Jawa Barat. Mereka akan bersaing untuk memperebutkan posisi puncak. Untuk Road Race 150 km, peserta akan  melewati Kabupaten Subang, Purwakarta, Karawang. Kemudian finish di Subang lagi (rute Dolog – Purwakarta- Karawang – Jalan Cagak).

Bagaimana dengan kesiapan atlet balap sepeda Indonesia sendiri?

Setelah menjalani latihan selama tiga pekan di Melbourne, atlet sepeda Aiman Cahyadi dkk diharapkan tidak mengalami kendala untuk berlaga pekan ini.

“Hasl training camp di Melbourne cukup bagus. Di sana, kami menjalani training altitude. Latihan itu bukan di gunung, tapi ada satu ruangan yang diatur menyerupai suasana ketinggian yang diinginkan. Aiman menunjukkan perkembangan cukup signifikan,” ujar Budi Saputra, manajer Timnas balap sepeda

Kendati menunjukkan perkembangan cukup baik, Aiman, Dadi Suryadi, Robin Manullang, dan Jamal Hibatulloh bukan tanpa masalah saat kembali ke Indonesia.

Para pebalap membutuhkan waktu untuk kembali beradaptasi dengan cuaca panas setelah menjalani hari-hari yang dingin di Melbourne. Barisan pelatih juga mewaspadai faktor nonteknis sebagai tuan rumah.

“Saya sudah berhitung bawah anak-anak masih mempunyai waktu 20 hari untuk adaptasi. Beberapa hal nonteknis bisa jadi gangguan, di antaranya cuaca di sana dingin, kembali ke sini panas, makanan enggak tahu, ada keluarga, istri, anak, dan banyak hal lain,” ujar Dadang Haris Purnomo, pelatih pelatnas balap sepeda.

Sementara itu, untuk kelas women individual road race sejauh 104,4 Km digelar akan berlangsung Rabu (22/8/18). Setelah itu juga diperlombakan  nomor Man Invidualnya sejauh 145 Km.

Sedangkan Time Trialnya pada Kamis (23/8/18) dengan start untuk kedua kelas itu dari depan Pemkab Subang dan berakhir di depan Kecamatan Jalancagak.

Untuk balap sepeda, sebanyak 15 negara termasuk Indonesia bakal bersaing menjadi yang terbaik. Sejumlah negara tersebut di antaranya, Cina, Hongkong, Iran, Jepang, Kazakhztan, Korea, Libanon, Mongolia, Nepal. Philipina, Thailand, Timor Leste, Cina Taipei dan Vietnam dengan jumlah atlet seluruhnya berjumlah 51 orang.

(adh)

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya