Kemeriahaan Jakarnaval Dalam Spirit Asean Games 2018

Ondel-ondel sebagai ikon Jakarta ikut memeriahkan Jakarnaval 2018 yang berlangsung selama dua hari,Sabru-Minggu (7-8/7/2018). Foto:Dok

JELAJAH NUSA – Jakarnaval 2018 ke-19 yang berlangsung Sabtu-Minggu (7-8/7/2018) telah memberikan spirit warga Jakarta untuk mensukseskan perhelatan Asian Games dan Asian Para Games 2018. Jakarnaval ini bagian dari rangkaian perayaan HUT Ke-491 Kota Jakarta.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berharap selain menjadi perayaan ulang tahun bagi warga Jakarta, Jakarnaval mampu menghadirkan citra Jakarta yang membanggakan di mata dunia.

“Asian Games 2018 juga merupakan suatu kesempatan bagi kita untuk dapat kembali mengingat dan merefleksi diri untuk terus berupaya menjaga persatuan bangsa. Olahraga selalu dapat menjadi instrumen pemersatu bangsa, seperti yang dapat kita lihat pada berbagai gelaran event olahraga internasional lainnya,” ujar Anies di depan Balai Kota DKI Jakarta, Gambir, Jakarta Pusat, Minggu (8/7/2018).

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat memberikan sambutan dalam pembukaan Jakarnaval 2018. Foto:Dok

“Ini momentum baik bagi warga Jakarta dan bangsa Indonesia secara keseluruhan, untuk bersatu dalam berbagai keragamannya, untuk dapat meraih prestasi di dalam arena, maupun menjaga reputasi sebagai tuan rumah yang baik,” lanjutnya.

Jakarnaval 2018 mengusung tema The Spirit of Jakarta, dan pada tahun ini Jakarnaval khusus membawa semangat kesuksesan Jakarta sebagai tuan rumah Asian Games dan Asian Para Games 2018.

Pawai Jakarnaval 2018 pun dibuka dan dilepas langsung oleh Anies di depan Balaikota DKI Jakarta.

Gubernur Anies datang ke pembukaan Jakarnaval dengan mengendarai Vespa bersama anaknya. Foto:Dok

Sebanyak 4.000 peserta pawai akan memeriahkan Jakarnaval 2018, meliputi karnaval seni dan budaya serta parade 70 kendaraan hias dari berbagai komunitas dan instansi lintas sektoral.

Lalu ada diikuti dengan atraksi utama yaitu pasukan pembawa bendera 45 negara peserta Asian Games yang didampingi oleh Abang-None Jakarta.

Peserta Jakarnaval 2018  terbagi menjadi 2 (dua) rute, yang pertama Pawai dengan berjalan kaki dimulai dari depan Balai Kota, mengitari Patung Arjuna Wijaya, melewati Kantor RRI, dan berakhir di Sisi Barat Silang Monas.

Sedangkan pawai kendaraan hias start  dari depan Balaikota Jakarta, mengitari Patung Arjuna Wiwaha, melewati kantor RRI, kemudian mengakhiri pawai di Harmoni.

Selepas pawai, Jakarnaval 2018 dilanjutkan dengan acara panggung hiburan di Monas yang menampilkan sejumlah artis ternama Tanah Air, seperti band The Dance Company, Rizky Febian, Siti Badriah, Dipha Barus, Budi Doremi, NAFF, dan lainnya.

Dalam pembukaan Jakarnaval 2018 juga dihadiri oleh Duta Besar Negara Peserta Asian Games 2018 dan Asian Para Games 2018.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengibarkan bendara start Jakarnaval disaksikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto:Dok

Saat pembukaan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno kompak mengendarai Vespa dari Balaikota, Jakarta Pusat menuju lokasi pelepasan karnaval.

Anies ditemani putranya Ismail Baswedan mengendarai Vespa perak dengan nomor polisi (nopol) B 6375 TR. Sedangkan Sandiaga mengendarai Vespa merah bernopol B 3889 SLR.

(adh)

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya