Hayu Coba Kuliner Berbahan Durian Di Kediri

Kediri,Jawa Timur kini sedang mengembangkan kuliner yang dibuat dari bahan durian. Foto:IG

JELAJAH NUSA – Jalan-jalan ke Kediri Jawa Timur jangan sampai melewatkan yang satu ini. Ada beberapa kuliner yang patut dicoba. Dan yang pasti semuanya terbilang mak nyoss.

Nah berikut ini rekomendasi kuliner Kediri yang harus Anda coba.

Wingko Durian

Belum banyak ditemui dan tentu tak lazim: wingko dengan aroma durian yang kuat.  Wanginya bukan dari pewangi buatan. Rasanya juga bukan dari perasa makanan. Wingko, yang umum terbuat dari bahan ketan dan kelapa, di Kediri diolah dengan komponen utama durian. Durian yang dipakai ialah durian Slumbung.

Dari penampakannya, tak ada yang berbeda antara wingko durian dan wingko kelapa yang umum ditemui di Jawa Tengah. Hanya, dari teksturnya, wingko durian lebih lengket. Rasa duriannya pun kuat dan mendominasi.

Wingko durian dijual seharga Rp 8.000 per empat buah. Bisa menjadi alternatif pilihan oleh-oleh.

Es krim durian ini menjadi salah satu andalan kuliner Kediri. Foto:IG

Es Krim Durian

Es krim durian berukuran besar yang dijual di Kampung Durian, Kediri, Jawa Timur. Penampakannya memang seperti es krim cup biasa. Bahkan tampak sangat sederhana: polos dan tak memiliki ornamen macam-macam. Tidak juga ditambahi topping.

Namun jangan remehkan hanya karena penampakannya itu.  Es krim itu punya rasa durian asli yang sangat menonjol. Bahkan komposisi durian yang digunakan untuk membuat es krim lebih besar dibandingkan susu.

Es krim ini juga sama sekali tak mengandung bahan pengawet. Buktinya, es krim cepat meleleh saat didiamkan di suhu normal.

Harga untuk semangkok es krim dibanderol berbeda-beda, tergantung ukurannya. Es krim dengan ukuran mangkok paling kecil dihargai Rp 4.000. Sedangkan es krim dengan mangkok besar dibanderol Rp 25 ribu.

Berbeda dengan wingko durian, es krim durian tak bisa dibungkus untuk oleh-oleh. Kalau ingin mengecap kenikmatannya, pecinta durian kudu datang langsung ke Kediri.

Pancake Durian

Rasanya tak kalah dengan pancake durian asal Medan. Bila dimakan waktu dingin, pancake yang hampir beku itu pecah di mulut. Tekstur duriannya krispi ketika digigit. Lalu berangsur-angsur mengental dan lembek ketika dikunyah.

Rasanya manis. Juga ada ornamen rasa pahit yang menandakan durian ini punya kualitas kelas atas.

Kediri dikenal sebagai salah satu penghasil durian dengan kualitas baik. Foto:IG

Pancake ini berbahan dasar durian Slumbung, sama seperti produk olahan durian lainnya di sini. Harganya bervariasi, tergantung musim. Bila sedang panen raya (biasanya bulan Februari dan Maret), pancake durian dijual Rp 55 ribu per kotak. Satu kotak berisi 21 buah. Sedangkan bila sedang tak musim panen, harganya mencapai Rp 75 ribu.

Untuk menuju Kampung Durian ini, pengunjung bisa naik Jeep dari loket masuk Gunung Kelud. Sebab, wilayah ini tercatat dalam kompleks wisata agro Kabupaten Kediri. Biayanya Rp 375 ribu, sudah termasuk off road menuju puncak Kelud.

Kalau ingin lebih praktis, pengunjung bisa menyewa mobil pribadi dari Kota Kediri. Biayanya mulai Rp 150 ribu per hari. Kalau menyewa motor biayanya berkisar Rp75 ribu per hari.

(adh)

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya