Candi Borobudur Masih Menjadi Favorit Wisman

Candi Borobudur di Magelang,Jawa Tengah diperkirakan masih menjadi favorit wisatawan tahun ini. Foto:IG

JELAJAH NUSA – Candi Borobudur di Kabupaten Magelang,Jawa Tengah diperkirakan masih akan menjadi tujuan favorit wisatawan mancana negara (wisman) di tahun 2018 ini. Bahkan kawasan cagar budaya dunia ini menunjukan trafik pengunjung yang  terus naik.

Pada akhir tahun 2017 lalu bahkan tingkat kunjungan wisatawan di Borobudur meningkat 100 persen. Hal ini disebabkan berbarengan dengan musim  libur.

“Sebelumnya kunjungan wisman ke Borobudur sekitar 700-800 orang per hari. Namun kini bisa mencapai 1.400 per hari,” jelas Manajer Layanan Taman Wisata Candi Borobudur, A.Y. Suhartanto, kemarin.

Wisatawan Mancanegara saat mengitari relief di dinding Candi Borobudur. Foto:IG

Peningkatan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ini bersamaan dengan masa liburan di Eropa. Kondisi ini diharapkan masih akan terus berlangsung sehingga bisa sejajar dengan Angkor Wat di Kamboja.

Suhartanto menuturkan peningkatan kunjungan wisman terlihat naik tajam pada  Juli 2017, karena memang masa liburan sekolah di Eropa pada Juli-Oktober. Kunjungan wisman saat ini didominasi dari Belanda, kemudian Jepang, dan Malaysia.

Menurut dia prospek kunjungan wisman dari Malaysia cukup bagus. Demikian juga wisman dari Tiongkok yang akhir-akhir ini juga meningkat.

Setiap hari ratusan wisatawan berkuncung ke Candi Borobudur. Foto:IG

Sementara untuk kunjungan wisatawan nusantara (wisnus) ada peningkatan dari tahun lalu.

Kunjungan wisnus saat ini antara 5.000 hingga 7.000 orang untuk hari Senin-Jumat, sedangkan pada Sabtu dan Ahad bisa mencapai 12.000-15.000 orang.

Pengunjung Candi Borobudur akan meningkat tajam pada hari libur seperti tahun baru. Foto:IG

Ia mengatakan puncak kunjungan wisnus terjadi liburan akhir tahun, dan liburan sekolah.

“Pada masa-masa liburan tersebut pengunjung Candi Borobudur setiap hari bisa mencapai puluhan ribu orang,” katanya.

Candi ini namanya kembali menghiasai laman travel dunia setelah Presiden Amerika Barack Obama berkunjung ke Borobudur. Jauh sebelumnya, pemilik Facebook Mark Elliot Zuckerberg juga berkunjung ke Borobudur.

(adh)

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya