Pencarian Wisata Naik, Google Bikin Fitur Liburan

JELAJAH NUSA -Menurut riset Google pertumbuhan pencarian terkait wisata tiap tahunnya di Indonesia, tren yang sama tumbuh 30 persen pertahun. Pertumbuhan ini semakin pesat di bulan November, jelang libur Natal dan tahun baru, serta bulan Ramadhan.Jakarta, Yogyakarta, dan Bandung menjadi pilihan destinasi lokal yang paling banyak dicari orang di Google.

“Masyarakat Indonesia yang mencari baik itu destinasi wisata, hotel maupun sarana transportasi mencapai pertumbuhan 5 persen setiap tahunnya,” jelas Mira Sumanti, Search Marketing Manager, Google Indonesia di Surabaya, Selasa (21/11/2017) seperti dilansir dari cnnindonesia.com. “Pangandaran, Bukit Tinggi, dan Berastagi tengah menjadi tren,” tambah Mira.

Berdasarkan data tadi, Google belakangan menggeber kampanye soal fitur pencarian terbarunya. Pengguna bisa mendapat perbandingan harga tiket pesawat dan harga hotel saat mengetik atau melakukan pencarian suara di Google. Rekomendasi akan muncul dalam bentuk kotak panel knowledge. Panel ini dikembangkan agar pengguna tak perlu lagi menelusuri banyak tautan untuk menemukan jawaban dari pertanyaan mereka di Google.

Dengan panel ini, pengguna bisa langsung mengetikkan lokasi asal dan tujuan langsung di laman pencarian Google. Begitu juga ketika memilih hotel tanpa harus berpindah ke banyak situs dan aplikasi. Selain menampilkan berbagai pilihan hotel, pengguna juga bisa melihat foto, ulasan, lokasi, dan harga.

Untuk memanfaatkan fitur ini, pengguna cukup mengetik atau menyebutkan kata kunci. Misal, pengguna ingin berlibur ke Malang cukup tulis kata “tiket ke Malang”.Lalu, hasil pencarian akan terselip panel dimana pengguna bisa langsung mengisi asal dan tujuan penerbangan. Fitur ini merupakan pengembangan dari fitur Google Flights yang telah diluncurkan Google sebelumnya.

“Akan muncul harga dari yang termurah hingga yang paling mahal,” tambah Google dalam siaran persnya. Untuk mencari hotel, akan muncul panel serupa. Pengguna tinggal mengetik kota tujuan. Untuk kenyamanan pencarian, disediakan pula filter pencarian. Sehingga pengguna bisa memilih hotel yang sedang promo, hotel favorit, hingga hotel mewah.

Begitu juga saat melakukan pencarian lokasi wisata. Hasil pencarian Google kini akan memberikan rekomendasi destinasi wisata dalam sebuah panel. Klik opsi “more” untuk membuka laman rekomendasi yang lebih detil. Pengguna akan mendapat informasi kondisi cuaca, kapan lokasi ramai pengunjung, hingga perkiraan biaya perjalanan yang perlu dikeluarkan.

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya